Tips Sehat Saat Puasa Untuk Dompet Anda Di Bulan Ramadhan

Dalam beberapa minggu ke depan kita sudah menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Di saat berpuasa, Anda tidak hanya diwajibkan menahan lapar dan haus, tetapi juga mengendalikan hawa nafsu. Hal yang kedua tidak semudah membalikkan telapak tangan. Godaan seperti berbicara kasar, melihat hal-hal yang tidak seharusnya dilihat, menangis, marah dan sebagainya tanpa disadari membuat puasa kita menjadi kurang berfaedah. Oleh karena itu, Anda harus betul-betul siap lahir batin untuk melaksanakan ibadah di ramadhan yang penuh berkah ini. Biasanya godaan tersebut juga datang dari pengeluaran Anda. Anda perlu memikirkan cara sehat saat puasa agar kondisi dompet tetap aman. 
Tips Sehat Saat Puasa Untuk Dompet Anda Di Bulan Ramadhan
Tips Sehat Saat Puasa Untuk Dompet Anda Di Bulan Ramadhan
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengamankan kondisi keuangan saat ramadhan tiba. Nah, agar tidak seret ketika bulan puasa nanti, berikut beberapa cara sehat saat puasa untuk dompet Anda supaya hati tetap tenang

1. Pilihlah undangan buka puasa dengan bijak
Saat awal puasa biasanya ada euforia tak terkira dalam berbuka puasa. Banyaknya undangan buka puasa bersama membuat Anda harus lebih bijak. Pasalnya beberapa tempat buka puasa berada di lokasi yang tidak ramah di kantong. Sebab itu, Anda bisa memilih berbuka puasa di masjid karena biasanya makanan yang tersaji dibagikan secara gratis.

2. Atur pengeluaran sebaik mungkin
Pada saat azan maghrib berkumandang, biasanya banyak orang yang melampiaskan seluruh godaan dengan membeli banyak menu untuk berbuka dan sahur. Padahal dalam ajaran islam sendiri tidak menganjurkan berbuka secara berlebihan. Cukup segelas air putih dan 3 biji buah kurma. Tidak hanya rugi dari segi kesehatan, tetapi juga keuangan karena beberapa item yang tidak perlu akhirnya dibeli juga. Untuk itu atur pengeluaran sebaik mungkin. 

3. Carilah tempat ngabuburit yang pas
Beberapa kafe atau restoran pada saat ramadhan langsung diserbu oleh pembeli. Godaan paket yang ditawarkan sangat menggiurkan. Jika dihitung, harga paket yang diberikan tidak sesuai dengan tampilan sajiannya. Terkadang harga yang sudah dipaketkan masih terbilang kurang terjangkau. Anda pun bisa membuat menu buka bersama teman dengan dana patungan di rumah. 

4. Lakukan kegiatan bermanfaat dan terjangkau 
Anda tidak perlu pergi ke mal untuk berbelanja pakaian atau pergi nonton di bioskop dengan tiket yang pastinya tidak murah. Anda bisa pergi ke perpustakaan, bertemu komunitas, ikut kegiatan volunteer dan tadarus. Dengan mengikuti kegiatan tersebut Anda tidak tergoda mengunjungi tempat-tempat yang banyak menghabiskan dana. 

5. Memanfaatkan kartu kredit
Anda yang termasuk anti memakai kartu kredit, pertimbangkan lagi dari sekarang. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh seperti diskon ke beberapa merchant. Biaya pengeluaran pun jadi berkurang.

Nah itulah beberapa tips cara sehat saat puasa yang membuat dompet tetap tebal. Perbanyaklah kebaikan di bulan ramadhan agar pahala semakin berlimpah. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang merayakan. 

Post a Comment

Previous Post Next Post