Wednesday, 16 January 2019

Cara Menggunakan Kipas Angin AC


Bagi Anda yang belum tahu, kipas angin AC adalah suatu alat penyejuk ruangan yang memanfaat udara panas untuk mengubah air menjadi uap. Uap tersebut kemudian dihembuskan oleh kipas ke seluruh ruangan sehingga terasa sejuk.

Kipas angin AC memang memiliki harga yang lebih mahal dari kipas angin biasa.  Namun jika kita membandingkannya dengan harga air conditioner, kipas angin AC memiliki harga yang lebih terjangkau.

Kipas angina AC memiliki dua fungsi, yaitu sebagai kipas angin biasa atau penyejuk ruangan. Kedua fungsi tersebut memiliki cara pengoperasian yang berbeda. Bagi Anda yang baru membeli kipas angin AC dan merasa kebingungan cara pakainya, Anda tidak perlu marasa khawatir. Pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai cara menggunakan kipas angin AC.

Kipas Angin AC
Cara Menggunakan Kipas Angin AC Sebagai Kipas Angin Biasa
Mode ini biasanya digunakan apabila tangki air sedang kosong namun Anda tetap ingin menggunakannya. Berikut langkah-langkahnya secara umum:
  1. Hubungkan kipas angin Ac pada saluran listrik (jika alat yang anda punyai adalah menggunakan daya listrik). 
  2. Tekan tombol power (ON/OFF) pada kipas angin AC Anda.
  3. Jika kipas angin AC Anda memiliki fitur untuk mengatur angin yang akan dihasilkan, maka aturlah kecepatannya. Tekan tombol “speed” atau “kecepatan kipas” pada kipas angin AC untuk melakukan pengaturannya.
  4. Atur arah angin yang akan dituju dengan menekan tombol “Swing” atau “arah angin”.
  5. Jika terdapat fitur timer dan Anda menginginkan agar alat ini otomatis mati dalam jangka waktu tertentu, maka tekan tombol “timer”. (biasanya lama waktu pengaturan timer terdapat 3 option 1,2 hingga 3 jam).
  6. Jika terdapat fitur mode kipas angin pada kipas angin AC Anda, maka pilihlah mode yang diinginkan. Biasanya terdapat 3 mode yaitu normal. natural, dan sleep.
Sebagai catatan penting, jangan sampai Anda menekan tombol “cooling” atau “Pendingin” dalam keadaan tangki kosong. Hal itu akan merusak pompa air Anda. Biarkan saja kipas angin menyala tanpa menekan tombol “cooling”, hal ini akan membuat kipas angin AC Anda akan berjalan layaknya kipas angin biasa.

Cara Menggunakan Kipas Angin AC sebagai Penyejuk Ruangan
Bagi Anda yang ingin mengoperasikan kipas angin AC sebagai penyejuk ruangan silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pastikan kipas angin AC dalam keadaan mati. Cabut sambungan listrik kipas angin AC Anda (berlaku jika Anda menggunakan kipas angin AC yang bertenaga listrik).
  2. Buka laci pada bagian bawah kipas angin AC, kemudian isi dengan air bersih. Laci tersebut merupakan tangki air. Penting sekali bagian tangki ini terisi, hal ini bertujuan agar kipas angin AC Anda dapat melakukan penguapan air sehingga angin yang dihasilkan terasa sejuk.
  3. Setelah diisi sampai penuh (paling tidak diatas tanda minimal air yang tertera pada bagian tangki air), kemudian letakan ice pack yang telah dibekukan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar udara yang dihasilkan terasa sangat sejuk.
  4. Masukan kembali laci bagian bawah kipas angin AC Anda secara perlahan agar air yang ada tidak tumpah.
  5. Sambungkan kipas angin AC Anda pada listrik.
  6. Nyalakan kipas angin AC Anda dengan menekan tombol power (ON/OFF) 
  7. Tekan tombol “Cooling” atau “Pendingin”. Langkah yang terakhir merupakan yang paling sederhana, namun memiliki dampak yang sangat signifikan. Langkah ini terkadang tidak dilakukan oleh penggunanya. Padahal tombol inilah yang membuat kipas angin AC dapat melakukan proses penguapan sehingga udara yang dihembuskan terasa sejuk.
Perlu Anda pahami, gunakanlah kipas angin AC ini dengan bijak. Jangan sampai Anda menggunakannya secara terus menerus. Sebaiknya gunakanlah kipas angin AC antara 1 hingga 4 jam. 

Letakan kipas angin AC pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Menyimpannya di dekat ventilasi udara adalah pilihan yang tepat. Hal ini dapat membuat udara yang dihasilkan oleh kipas angin AC terasa sejuk. Ruangan tidak akan terasa sangat lembab dan pengap.

Periksa ketersediaan air setiap 4-5 jam sekali. Ganti ice pack jika sudah tidak membeku lagi agar udara yang dihembuskan dapat optimal. Beberapa merk kipas angin AC kini telah menyediakan fitur ice pack sebanyak 4 buah, hal ini dapat membuat Anda dapat menggunakan alat pendingin ini dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan kipas angin AC. Perhatikan tata cara penggunaan kipas angin AC dengan tepat agar Anda dapat merasakan manfaat kipas AC dengan optimal.


EmoticonEmoticon